Buku ini menyajikan berbagai pemikiran di bidang ilmu komunikasi,dan disajikan dalam bahasa yang mudah dipahami. Topik yang tercakup dalam buku ini meliputi berbagai teori komunikasi, mulai dari teori komunikasi individu, kelompok, organisasi hingga massa. Teori komunikasi merupakan studi yang memiliki topik sangat luas. Di Indonesia, studi komunikasi lebih terfokus pada media massa, sehingga t…
Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengantar Komunikasi Bab 2 Hakikat Komunikasi pendidikan Bab 3 Bahas, Logika, serta komunikasi verbal, dan nonverbal Bab 4 Format interaksi komunikasi dalam pembelajaran Bab 5 Kesantunan berkomunikasi dalam pembelajaran Bab 6 Teknik public speaking untuk pendidik dan peserta didik
Buku ini memfokuskan diri pada kajian komunikasi dalam persfektif agama dan budaya, yang meliputi antara lain; etia komunikasi dalam ISlam, prinsip-prinsip komunikasi menurut Al-Qur'an, komunikasi transedental dari persfektif filsafat Islam, komunikasi peradaban dari persfektif agama, dan komunikasi antar budaya dari persfektif teori interaksi simbolik.
Buku ini berupaya untuk menghadirkan komunikasi dan dakwah dalam paradigma intergral, sebagai paradigma komunikasi dakwah.Paradigma tersebut menjadi suatu titik tolak bagi para pelaku komunikasi dakwah, yang berpengaruh kepada materi, teknik, dan etika komunikasinya, hal ini makin dalam dibahas pada 5 bab : 1. Komunikasi Persuasi dan Dakwah 2. Komunikasi Dakwah 3. Komunikasi Dakwah pada Tata…
Bahan Pustaka ini mencakup : 1. Ruang Baru Komunikasi dan Dakwah 2. Pendekatan Dakwah Melalui Media 3. Aplikasi Komunikasi Dalam Dakwah 4. Memperkuat Komunikasi Agama
Buku ini menampilkan ulasan sederhana dan mendasar tentang pendidikan komunikasi Islami dalam keluarga, sebagai langkah awal bagi orang tua dalam mendidik anak-anak mereka menjadi manusia berkepribadian mulia melalui proses komunikasi. komunikasi menjadi faktor penting dalam rangka menjalin sebuah suasana edukatif dalam keluarga.
Buku ini terdiri dari dua bagian besar pembahasan dan 11 bab, yaitu. Bagian I, Perspektif Teoritik, yang membahas antara lain tentang : Sikap dan perilaku, struktur dan pembentukan sikap, beberapa teori organisasi sikap, persuasi dan pengubahan sikap manusia, serta pengukuran sikap. Bagian II, Konstuksi skala sikap, yang didalamnya di bahas tentang; Pernyataan sikap dan kaidah penulisan, Skala…
Buku ini membahas tentang kehidupan sosial dan ragam tingkah laku manusia yang membentuk kehidupan itu sendiri. Pembahasan yang ada mencakup konstruksi realitas sosial kehidupan yang memunculkan defenisi awal bidang ilmu ini, nilai-nilai manusia dalam kehidupan sosial, pemikiran dan pemaknaan terhadap kehidupan sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi atau pembentukan pandangan terhada…
Buku ini membahas tentang : 1. Pendahuluan yang didalamnya dibahas masalah pengertian, karekateristik sosiologi, berbagai konsep dalam sosiologi. 2. Perspektif teori dalam sosiologi. 3. Sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi. 4. Manusia dalam aspek psikis dan sosial. 5, Sosiologi komunikasi dalam integrasi ilmu. 6. Basis integrasi sosiologi Islam.
Buku ini bermaksud mengintegrasikan ilmu-ilmu yang multidisiplin ke dalam suatu kajian yang dapat memperkaya danmemperluas penegtahuan dan wawasan keilmuan tersebut, yakni komunikasi. Di sini kita dapat mengkaji ilmu komunikasi dari berbagai kacamata keilmuan, yakni sosial, eksakta, bahkan humaniora.
Komunikasi ada dimana-mana; dirumah, di meja makan, di kampus, dll. Dengan komunikasi kita membentuk saling pengertian menumbuhkan persahabatan, memelihara kasih sayang, menyebarkan pengetahuan, dan pelestarian peradaban. Untuk itu penulis dalam buku ini terbagi kedalam tujuh (7) bab Pembahasan, yaitu : (1) Apakah Psikologi Komunikasi itu ?, (2) Karakteristik manusia komunikan, (3) Sistem Kom…
Buku ini membahas antara lain tentang : Konsep dasar komunikasi Internasional, Cakupan komunikasi Internasional, Bentuk-bentuk komunikasi internasional, Komponen Komunikasi internasional, Pers dan jurnalistik, Konsep pers dan perkembangan teori pers, sistem pemberitaan Internasional, Masalah dalam tata informasi internasional, kajian mengenai tata informasi internasional, Laporan jurnalistik in…
Buku ini terdiri dari tujuh bagian besar pembahasan, yaitu: 1. Melayani kepentingnan pembaca; seni menulis berita. 2. Melukiskan potret kehidupan; Seni biografi dan profil. 3. Merangkai kata dengan rasa; seni public relations. 4. Merancang press release yang efektif: seni berkomunikasi dengan publik. 5. Menjadi pembicara yang andal: seni berpidato dan presentasi. 6. Merancang iklan yang menarik…
Buku ini adalah sebuah pengantar metodologis dan teoretis ke analisis wacana, terutama analisis teks media. Analisis wacana adalah alternatif terhadap kebuntuan-kebuntuan dalam analisis media yang selama ini lebih didominasi oleh analisis isi konvensional dengan paradigma positif atau konstruktivisnya. Jika yang kedua ini terpancang pada pertanyaan "apa" maka analisis wacana lebih jauh pada "ba…
Psikologi Sosial sebagai akar ilmu komunikasi merupakan buku ketiga dari 8 (delapan) judul Seri Pohon Komunikasi, sekaligus sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (delapan) landasan yang disajikan (filsafat, psikologi, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, biologi, fisika, dan matematika). Psikologi Sosial dipilih sebagai akar ilmu sekaligus landasan ilmiah komunikasi ketiga …
Buku ini terdiri dari tujuh bab pembahasan, yaitu : Bab 1, Mengapa kita berkomunikasi : Fungsi-fungsi komunikasi. Bab 2, Hakikat, defenisi, dan konteks komunikasi. Bab 3, Prinsip-prinsip komunikasi. Bab 4, Model-kodel komunikasi. Bab 5, Persepsi: inti komunikasi. Bab 6, Komunikasi verbal. Bab 7, Komunikasi nonverbal.
Buku ini memberikan wacana baru dalam menjawab kebutuhan masyarakat mengenai sistem pengelolaan perusahaan melalui pendekatan manajemen komunikasi. Untuk lebih memberikan gambaran nyata. Disertakan pula aplikasi sistem manajemen komunikasi dalam pengelolaan organisasi perusahaan radio siaran swasta atau stasion radio.
Buku ini terdiri dari tujuh bab pembahasan, yaitu; Bab I, Propaganda, satu cermin banyak gambar. Bab 2, Makna peyoratif propaganda. BAb 3, Praktik propaganda. Bab 4, Propaganda dan opini publik. Bab 5, Propaganda politik di Indonesia. Bab 6, Dicari, moralitas propagandis. Bab 7, Cara melawan propaganda.