Text
Menggungat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan KI Hajar Dewantara
Buku ini memuat:
Bab I Mendefinisikan Ulang Pendidikan
A. Politik Pendidikan dan Pembentukan Karakter Bangsa
B. Relasi Politik Pendidikan dan Pembangunan Karakter Bangsa
C. Pengaruh Politik Pendidikan Terhadap Karakter Bangsa
Bab II Realitas Pendidikan
A. Pendidikan Orde Lama
B. Pendidikan Orde Baru
1. Lahirnya Para Kuli
2. Lahirnya Kalangan Terdidik Antirealitas
3. Demokrasi yang Terpanggang
C. Pendidikan Orde Reformasi.
1. Menggiring Pendidikan ke Lokalitas
2. Menggugat Desentralisasi Pendidikan.
3. Liberalisasi Pendidikan
4. Pemerataan Akses Pendidikan Hanya Sebuah Mitos.
Bab III Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara
A. Pendidikan Kritis Paulo Freire
1. Mengubah Wajah Sekolah
2. Reorientasi Kurikulum
3. Pendidik yang Membebaskan
4. Konsientisasi: Muara Akhir Pendidikan Freire
B. Ki Hadjar Dewantara: Sketsa dan Konsep Pendidikannya
1. Cita-Cita Pendidikan Ki Hadjar Dewantara..
2. Panca Darma
3. Muatan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
4. Trilogi Pendidikan
5. Tut Wuri Handayani.
Bab IV Upaya Penyelamatan Pendidikan
A. Menata Ulang Konsep Pendidikan
B. Meletakkan Kembali Pilar Pendidikan Humanis
1. Politik Pendidikan yang Memberdayakan
2. Kurikulum Pendidikan yang Mencerdaskan
3. Pendidik yang Memanusiakan Anak Didik
4. Praksis Pendidikan yang Dialogis
C. Reorientasi Tujuan Pendidikan Nasional
1. Bangsa Berkualitas
2. Bangsa Mandiri
3.Bangsa Beradab
4. Bangsa Berdaya Saing Tinggi
Tidak tersedia versi lain