Text
Desain Pembelajaran Pendididkan : Tata Rancangan Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi
BAB I HAKIKAT DESAIN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Pengertian Desain Pembelajaran
C. Urgensi Desain Pembelajaran.
D. Komponen-Komponen Desain Pembelajaran
E. Peran Guru dalam Desain Pembelajaran.
F. Pendalaman Materi..
BAB II MODEL-MODEL DESAIN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Pengertian Model Desain Pembelajaran
C. Orientasi pada Model Desain Pembelajaran.
D. Berbagai Model Desain Pembelajaran
E. Pendalaman Materi.
BAB III DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPETENSI (DP-PK)
A. Pendahuluan
B. Pengertian Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi
C. Posisi Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi dalam Kurikulum 2013.....
D. Prosedur Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi
E. Pendalaman Materi.
BAB IV ANALISIS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.....
A. Pendahuluan
B. Periode Sekolah Dasar
C Periode Sekolah Menengah Pertama
D. Periode Sekolah Menengah Atas
E. Pendalaman Materi.
BAB V DESAIN TUJUAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPETENSI
A. Pendahuluan
B. Urgensi Perumusan Tujuan Pembelajaran
C. Kompetensi sebagai Tujuan Pembelajaran.
D. Standar Kompetensi Lulusan dalam Kurikulum 2013
E. Kompetensi Inti dalam Kurikulum 2013.
F. Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013..........
G. Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi....
H. Pendalaman Materi.
BAB VI DESAIN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPETENSI..
A. Pendahuluan
B. Pengertian Materi pembelajaran
C. Klasifikasi Materi Pembelajaran
D. Sumber Materi Pembelajaran
E. Pengorganisasian Materi Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi.
F. Pengemasan Materi Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi
G. Pendalaman Materi
BAB VII DESAIN PENGALAMAN BELAJAR BERBASIS PENCAPAIAN KOMPETENSI
A. Pendahuluan.
B. Hakikat Pengalaman Belajar
C. Pertimbangan dalam Menentukan Pengalaman Belajar.
D. Tahapan Pengembangan Pengalaman Belajar......
E. Peran Guru dalam Pengembangan Pengalaman Belajar.
F. Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik..
G. Strategi Pembelajaran Aktif.
H. Pendalaman Materi.
BAB VIII DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPETENSI
A. Pendahuluan
B. Pengertian dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran
C. Jenis dan Teknik Evaluasi Pembelajaran
D. Merancang Langkah-Langkah Evaluasi Pembelajaran
E. Evaluasi Hasil Belajar Tuntas (Mastery Learning).
F. Evaluasi Pembelajaran Otentik.
G. Pemanfaatan Portofolio sebagai Instrumen Evaluasi Pembelajaran.
H. Pendalaman Materi
Tidak tersedia versi lain